Sabtu, 21 Desember 2013

Berenang Justru Bisa Bikin Anda Gemuk Kalau Begini Caranya




Banyak orang merasa dengan berenang maka tubuhnya akan menjadi lebih langsing. Padahal berenang juga bisa menggagalkan program diet dan justru membuat Anda menjadi lebih gemuk. Lho, kok bisa?

"Anehnya, ya. Tapi itu bukan karena aktivitas fisik renangnya, tapi akibat pemikiran orang tersebut setelah berenang," tutur Jennifer Burke, seorang pelatih pribadi bersertifikat dan manajer distrik Crunch Fitness di Los Angeles.

Dilansir Women's Health Mag, Sabtu (21/12/2013), kebanyakan orang akan makan berlebihan setelah berenang. Sebab mereka berpikir dengan berenang maka mereka telah membakar banyak kalori dan tidak akan menjadi masalah jika mereka makan cukup banyak setelahnya. "Dan sebagai hasilnya, berat badan mereka justru akan naik," tutur Burke.

Selain itu, nyatanya berenang tak membakar kalori sebanyak yang dipikirkan oleh orang-orang, lho. Burke mengungkapkan, alasannya adalah karena berenang bukanlah salah satu dari latihan menahan beban.

"Latihan menahan beban adalah latihan yang menggunakan semua berat badan Anda, seperti berlari. Berlari membakar kalori lebih banyak karena Anda harus bekerja ekstra keras untuk mendorong tubuh ke depan. Namun tidak pada berenang, sebab air yang ada membantu Anda mengangkat sebagian besar berat badan," terang Burke.

Air menciptakan resistensi bagi Anda untuk bergerak melawan, inilah yang kemudian membuat Anda merasa seperti telah mendorong tubuh Anda sendiri.

Namun meskipun demikian, berenang tetap merupakan salah satu latihan yang cukup baik untuk jantung dan sistem pernapasan. "Hanya saja berhati-hatilah untuk tidak lepas kontrol terhadap makanan setelahnya," tegas Burke.

Sumber: http://health.detik.com/read/2013/12/21/140105/2448525/766/berenang-justru-bisa-bikin-anda-gemuk-kalau-begini-caranya

0 komentar:

Posting Komentar

Kritik Yang Membangun