Rabu, 30 Mei 2012

INSPIRATIF, Dahlan Iskan rela merugi Rp 110 Milyar, demi mempertahankan Karyawatinya


"Memang, saya rugi Rp 110 miliar. Tapi, manajer itu pernah membuat untung ratusan miliar," ujar Dahlan.



Ini adalah sekelumit kecil kisah seorang Dahlan Iskan yang saya kutip dari Sumber yang saya cantumkan dibawah ini, cerita ini bisa kita jadikan sebagai tolak ukur ataupun sebatas kisah inspiratif kita untuk bisa melangkah kedepan dengan lebih baik lagi.


Ini bukan kisah di negri dogeng, tapi terjadi di Indonesia manakala Dahlan Iskan menjalankan sebuah perusahaan. Karyawati itu adalah manajer keuangan seorang wanita muda dan pernah belajar di Amerika Serikat.

Dahlan Iskan

Dahlan mengisahkan kala itu sang karwati mengajukan sebuah rencana tentang kerjasama bisnis dengan Singapura. Dahlan mau menggunakan uang perusahaan karena konsepnya adalah 10 Miyar dari perusahaan Dahlan dan 100 Milyar pinjaman dari Singapura. Jadi rencananya keuntungan 15 persen didapat setiap tahunnya.

Dan ternyata krisis saat itu menghantam, bukan keuntungan yang didapat malah modal plus pinjaman Rp 110 Milyar lenyap.

Wanita muda itu menghadap Dahlan pastinya pasrah dan menangis plus siap mengundurkan diri. Ternyata Dahlan membuat keputusan berbeda. Dia melihat tak ada keinginan karywati tersebut untuk korupsi. Sang karyawtipun tetap dipertahankan meski ada yang mengingikan dia keluar.


Alasan Dahlan, sang karyawati telah belajar dari kesalahannya. Menurutnya peristiwa buruk hanyalah risiko bisnis semata. Dahlan juga tidak rela jika pegawainya itu bekerja di perusahaan lain.

"Memang, saya rugi Rp 110 miliar. Tapi, manajer itu pernah membuat untung ratusan miliar," ujar Dahlan.



0 komentar:

Posting Komentar

Kritik Yang Membangun